Wednesday, May 21, 2008

Yuk, Kumpulkan Arsip ke Arsip Nasional Republik Indonesia

Kesadaran terhadap pentingnya keberadaan arsip mulai tinggi pada sebagian pribadi, perusahaan, dan partai politik. Terbukti ada pihak-pihak yang dengan sukarela menyerahkan arsip yang bernilai dan berguna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Untuk menggelorakan sadar arsip, 10 kantor kearsipan di tingkat provinsi tahun 2008 ini akan memperoleh satu unit mobil Sadar Arsip,” kata Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Djoko Utomo, Rabu (21/5). Dia mengatakan hal itu ketika menyerahkan penghargaan untuk perseorangan, perusahaan, dan partai politik yang telah menyerahkan arsipnya kepada Arsip Nasional Republik Indonesia.

Penerima penghargaan dari Arsip Nasional RI adalah Ny Tanzil, mantan wartawati yang menyerahkan sekitar 30.000 rol film jepretannya selama 37 tahun menjadi wartawan. Kemudian Bank Bukopin Tbk dan Partai Bulan Bintang.

Djoko Utomo menjelaskan, lewat arsip bisa direkam perjalanan sebuah bangsa. Penyimpanan arsip pun menjadi tanggung jawab bersama.

Di hadapan para kepala dinas kearsipan provinsi dan kabupaten/kota serta perusahaan, Djoko Utomo mengingatkan untuk tidak lupa mengarsipkan Pemilu Presiden tahun 2004, juga pemilihan anggota legislatif DPR RI dan DPD RI, serta arsip pemilihan kepala daerah.

Ny Tanzil dalam sambutannya mengatakan tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan dari Arsip Nasional RI. Menurut Ny Tanzil, dia menyerahkan arsip yang dipandang berharga karena tidak sanggup memeliharanya dengan baik. Dia pun merasa arsip itu akan lebih bermanfaat untuk masyarakat banyak apabila diserahkan kepada Arsip Nasional.

* Digunting dari Harian Kompas Edisi 22 Mei 2008

1 comment: