Friday, February 15, 2008

Mizan Luncurkan E-book dan Novel di Seluler

Menyiasati era digital serta konversi media, Mizan Group kini mulai merambah layanan digital, seperti e-book dan novel di telepon seluler. Salah satu buku yang sudah dijual dalam layanan e-book adalah novel laris Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini bisa diunduh melalui situs Mizan.com. Novel ini juga bisa diunduh lewat ponsel.

"Jadi novel ini bisa dibaca di mana saja, di stasiun, terminal, atau di jalan," kata Putut Widjanarko, Vice President Operations Mizan Publika.

Menurut Putut, era konvergensi media telah tiba. Upaya ini, kata Putut, adalah kelanjutan dari upaya Mizan sebelumnya. Mizan adalah penerbit Indonesia pertama yang bereksperimen dengan e-book. Itu dilakukan mereka pada 2001. "Peminatnya ternyata cukup banyak," ujar Putut.

Untuk membikin e-book ini, Mizan bekerja sama dengan Digibook. Mizan sudah menyiapkan banyak judul untuk dibikin e-book.

Untuk novel di telepon, Mizan bekerja sama dengan Metadome dari Malaysia. Layanan ini mereka sebut Fonovela-Mizan ver 1.0. Cara mengunduhnya adalah dengan mengirim pesan pendek (SMS) ke 7898 dengan menuliskan kode seperti berikut: MM A0990070 (kode untuk novel Laskar Pelangi). Untuk sementara layanan ini hanya buat pelanggan Telkomsel.

Satu novel dijual dengan harga sekitar Rp 10-11 ribu per download. Sekali download bisa terdiri atas satu buku penuh atau beberapa seri untuk satu buku tebal. "Kerja sama ini merupakan langkah terobosan bagi Mizan untuk melayani konsumen," kata Putut.

* Digunting dari Harian Koran Tempo Edisi 16 Februari 2008

No comments:

Post a Comment