Thursday, November 1, 2007

Terbit, Buku 'Dari Kilometer 0,0'

Pemandu acara peluncuran buku Dari Kilometer 0,0 di Gedung Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2007, Clara Sinta—putri penyair WS Rendra—suaranya jadi agak terengah-engah karena sibuk menyuruh wartawan menyingkir dari sekitar Andi Mallarangeng yang berdiri di atas podium. Juru Bicara Kepresidenan itu begitu datang di tempat acara langsung dikerumuni wartawan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak hadir sehingga hadirin cukup bebas bergerak. Hampir sebagian besar dari hadirin yang datang pada acara ini adalah wartawan, baik yang bertugas meliput maupun yang hanya hadir saja. Menurut pemberi komentar dari buku tulisan Andi Mallarangeng ini, Imam B Prasodjo, banyak orang yang hadir dalam acara ini, antara lain karena Andi yang punya "aura istana".

Buku ini berisi tulisan ringan tentang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istana kepresidenan. Diberi judul Dari Kilometer 0.0, kata Andi, karena istana adalah pusat pemerintahan negara. "Seperti halnya kalau di jalan ke luar kota ada Kilometer 19, itu dihitung dari pusatnya, yakni 0,0 kilometer dan itu adalah alun-alun dan tempat pemimpin pemerintahan," ujarnya.

Buku ini, menurut Prasodjo, ditulis Andi yang bertugas sebagai juru bicara presiden. "Maka berisi pembenaran terhadap ucapan, tindakan, dan kebijakan presiden, tidak ada kritik," ujarnya.

Menurut Prasodjo, dalam buku ini tidak diketemukan ketika Andi mendapat hantaman dari berbagai pihak setelah menjelaskan soal korban tewas akibat ditabrak iring-iringan pengawal presiden. Juga ada hantaman keras bagi Andi ketika ia menjelaskan soal perkawinan putra Presiden di Istana Bogor. "Kelak diharapkan Andi menulis tentang kilometer 1000, di mana ada kritik dan hantaman semacam itu," ujarnya.

"Bila Wimar Witoelar menulis soal Gus Dur setelah beliau tidak jadi presiden, maka buku saya tentang presiden yang masih memegang jabatannya," ungkap Andi dalam penerbangan dari New York ke Jakarta, September 2007.

* Digunting dari Harian Kompas Edisi 2 November 2007

No comments:

Post a Comment