Saturday, August 4, 2007

Penulis "Manga" Indonesia Dapat Penghargaan di Jepang

Karya penulis manga (komik khas Jepang) dari Indonesia, Shirley Yoanita Susilo, berjudul Sang Sayur terpilih sebagai satu di antara 19 karya terbaik dalam The International Manga Award di Jepang. Ada 146 karya manga dari 26 negara yang terdaftar dalam ajang tersebut. Upacara pemberian penghargaan untuk Shirley berlangsung di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta pada Rabu 1 Agustus 2007.

Seusai menyerahkan penghargaan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Shin Ebihara mengatakan bahwa The International Manga Award merupakan salah satu realisasi diplomasi kebudayaan Jepang di bidang budaya pop. Tujuannya ialah untuk memberikan penghargaan kepada seniman manga yang memberikan kontribusi bagi promosi manga di luar Negeri Sakura.

Shirley yang menempuh pendidikan di Amerika itu mengatakan, Sang Sayur aslinya dimuat di Splash, majalah komik empat bulanan. Majalah Splash sendiri merupakan majalah serial manga Indonesia. Sang Sayur bertokohkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti bawang putih, tomat, stroberi, rumput laut, pete, hingga buah naga dengan permasalahan khas manusia yang terjadi sehari-hari. "Ciri khas dan karakternya lokal Indonesia. Sudah saatnya memberikan identitas pada komik Indonesia yang beraliran manga," ujarnya.

*Digunting dari Harian Kompas Edisi Kamis 2 Agustus 2007


No comments:

Post a Comment