Friday, July 27, 2007

Menulis Novel dengan Ponsel

Seorang penulis asal Italia yang juga pekerja Teknologi Informasi, Robert Bernocco, menggunakan ponselnya untuk menulis buku novel dalam perjalanan pulang pergi ke kantornya. Ia menulis novel fiksi ilmiah berjudul 'Compagni di Viaggio' (teman perjalanan-red) setebal 384 halaman itu menggunakan fitur T9 pada ponsel merek Nokia miliknya.



"Hal ini adalah tentang manajemen waktu. Dia sangat ingin menulis buku namun tak punya waktu untuk duduk di depan komputer," ungkap Gail Jordan, direktur Public Relations pada penerbit buku itu, Lulu.com.

Bernocco pun memilah-milah ceritanya menjadi paragraf-paragraf pendek pada ponselnya kemudian menyimpannya. Ia mengedit tulisan dalam ponselnya tersebut ketika sudah diunduh (download) di komputer.

"Saya sempat berjuang keras untuk menemukan waktu menulis dan penerbit yang bersedia menerima buku saya. Karena itu, saya berterimakasih pada Nokia dan Lulu. Saya bangga bisa menjadi penulis buku," tandas Bernocco seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (27/7/2007).

Lulu.com sendiri mempunyai lebih dari satu juta anggota yang terdaftar di situsnya. Penerbit ini dikembangkan oleh Bob Young yang berkewarganegaraan Kanada.

Terdapat sekitar 323.000 barang dipublikasikan di lulu.com. Buku tulisan Bernocco sendiri berada pada peringkat 19.720 untuk kategori tingkat kelarisan penjualan dengan harga US$17,38 per buku.

* DIcopy-paste dari detik.net Edisi Jumat 27/07/2007

No comments:

Post a Comment