Friday, September 7, 2007

Diluncurkan, Biografi Dr Martha Tilaar

Gedung Sasono Langen Budoyo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tadi malam menjadi saksi bagi kemeriahan pesta ulang tahun Dr Martha Tilaar. Selain merayakan ulang tahunnya yang ke-70, salah seorang wanita entrepreneur Indonesia itu juga mensyukuri 37 tahun perusahaan Martha Tilaar berkarya di Nusantara dengan aneka produk kecantikannya.

Di acara tersebut, ibu empat anak dan enam cucu itu juga merayakan ulang tahun ke-43 perkawinannya serta ulang tahun ke-75 suaminya, Profesor Alex Tilaar. "Meski tidak jatuh hari ini (tadi malam), kami merayakan semuanya hari ini," ujar Martha Tilaar dalam sambutannya. "Sebagai salah satu sumbangsih, kami berdua juga meluncurkan dua buku menjadi satu," tambahnya. Buku itu berjudul: Dr Martha Tilaar bagi Indonesia. Perjalanan Seorang Perempuan Entrepreneur Mengubah Mimpi Menjadi Nyata.

Sampul buku tersebut bergambar Martha Tilaar bersama suaminya dalam balutan baju daerah. Isinya menceritakan perjuangan mereka membesarkan industri kosmetik berbahan tradisional di tanah air.

Perjuangan tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Kalimat yang dilontarkan dosen Martha Tilaar saat dia membuat tesis tentang kosmetik nontanah air membuatnya sadar untuk menghargai kekayaan alam Indonesia. "Shame on you...." Demikian komentar dosen Martha kala itu.

Karena itu, setelah pulang ke Indonesia, Martha mendirikan salon. Mula-mula berukuran 4 m x 6 m. Salon itu kemudian berkembang menjadi industri kosmetik dengan dua pabrik dan penjualan produk di seluruh Indonesia dan beberapa negara seperti saat ini.

"Dalam berkarya, saya selalu berlandaskan pada tiga pilar utama. Yaitu natural, eastern value, dan teknologi," tuturnya. Itulah kunci yang mengakibatkan produknya dapat diterima oleh konsumen dan mampu bertahan hingga saat ini, di tengah serbuan kosmetik asing.

Beberapa tokoh nasional menghadiri perayaan tersebut. Di antaranya Abdurrahman Wahid (Gus Dur) beserta istri, mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim, dan mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas. Juga ada Ny Linda Gumelar (istri Agum Gumelar), Ny Try Sutrisno, Ir Ciputra, dan Ny Nina Akbar Tandjung.

* Digunting dari Harian Jawa Pos edisi Sabtu 8 September 2007



No comments:

Post a Comment